Home Profile Penerbangan Sewa Mobil Lombok Hotel Kapal Cepat Sitemap

Selamat Datang di Lombok Travel Online (LTO Tours), Kami Menawarkan Berbagai Macam Paket Tour ke Pulau Lombok dan Komodo, Dengan Pelayanan Terbaik dan Menyenangkan.  

 

 

 PULAU LOMBOK

 

 

TUJUAN WISATA DI LOMBOK

 

 

FESTIVAL BUDAYA LOMBOK

 

 

PAKET  TOUR SEHARI DI LOMBOK

 

 

PAKET TOUR DI LOMBOK

 

 

Paket Tour ke Lombok 5h/4m

Paket Tour ke Lombok 4h/3m

Paket Tour ke Lombok 3h/2m

 

PAKET SPECIAL TOUR DI LOMBOK

 

 

Paket Bulan Madu 3h/2m

Paket Tour Pantai Pink 3h/2m

Paket Snorkeling Tour 4h/3m

Paket Diving  Tour 3h/2m

Paket Pulau Kenawa 4h/3m

Paket Golf Tour 4h/3m

Paket Ziarah Makam 3h2m

Paket Tirta Yatra 3h2m

 

PAKET MEETING KE LOMBOK

 

 

PAKET OUTING DI LOMBOK

 

 

Paket Team Building 3h/2m

Paket Amazing Race 3h/2m

Paket Rafting 3h/2m

Paket Outbound 3h/2m

 

GUNUNG RINJANI 3726 M.

 

 

PAKET MENDAKI GUNUNG RINJANI

 

 

Paket Puncak Rinjani 5h/4m

Paket Danau Segara Anak 5h/4m

Paket Pelawangan 4h/3m

 

INFORMASI PULAU KOMODO

 

 

PAKET TOUR KE PULAU KOMODO

 

 

Paket Komodo Cruise 5h/4m

Paket Komodo Cruise 3h/2m

Paket Komodo Sailing 4h/3m

Paket Komodo Overland 4h/3m

Paket Komodo Via Udara 3h/2m

 

PHOTO GALLERY

 

 

LINKS KE KAMI

 

 

PARTNER LINKS

 

 

SYARAT SYARAT

 

 

CARA PEMBAYARAN

 

 

HUBUNGI KAMI

 

 

 

 

PEMBAYARAN VIA :

 
 

 
 

 
   
 
 
 
 
 
 

 

SITE NETWORK

Lombok Travel Information

Komodo Travel Information

Rinjani Trekking Information

Paket Wisata ke Lombok

Fast Boat  Information

Lombok Rental Car 

 
 
     
     

 

 

INFORMASI PULAU LOMBOK

Nusa Tenggara Barat / NTB

 

 

 

Selamat Datang di Lombok Travel Online (LTO Tours), Kami menawarkan informasi lengkap tentang pulau Lombok sebagai berikut :

 

Sekilas Pulau Lombok

Lombok ( penduduk pada tahun 2017: 4.722.123 jiwa ) adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 80 km adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 80 km. Pulau ini luasnya adalah 4.725 km (sedikit lebih kecil daripada Bali).

 

Pulau Lombok Terkenal dengan G. Rinjani, Pulau Gili, dan Pelecing Kangkung...!

 

 

Geografi
Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia. Ilmuwan yang pertama kali menyatakan hal ini adalah Alfred Russel Wallace, seorang Inggris di abad ke-19. Untuk menghormatinya maka batas ini disebut Garis Wallace.

Topografi
Pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya yang ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung ini terakhir meletus pada bulan Juni-Juli 1994. Pada tahun 1997 kawasan gunung dan danau Segara Anak ditengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam di daerah ini antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Demografi
Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

Bahasa
Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak), menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

Agama
Sebagian besar penduduk pulau Lombok terutama suku Sasak menganut agama Islam. Agama kedua terbesar yang dianut di pulau ini adalah agama Hindu, yang dipeluk oleh para penduduk keturunan Bali yang berjumlah sekitar 15% dari seluruh populasi di sana. Penganut Kristen, Buddha dan agama lainnya juga dapat dijumpai, dan terutama dipeluk oleh para pendatang dari berbagai suku dan etnis yang bermukim di pulau ini.

Di Lombok Barat bagian utara, tepatnya di daerah Bayan, terutama di kalangan mereka yang berusia lanjut, masih dapat dijumpai para penganut aliran Islam Wetu Telu (waktu tiga). Tidak seperti umumnya penganut ajaran Islam yang melakukan shalat lima kali dalam sehari, para penganut ajaran ini mempraktikan shalat wajib hanya pada tiga waktu saja. Konon hal ini terjadi karena penyebar Islam saat itu mengajarkan Islam secara bertahap dan karena suatu hal tidak sempat menyempurnakan dakwahnya.

Sejarah
Menurut isi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di pulau ini bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun sumber lain yakni Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.

Kerajaan Selaparang sendiri muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam dan kekuasaannya berakhir pada tahun 1740 setelah ditaklukkan oleh gabungan Kerajaan Karang Asem dari Bali dan Arya Banjar Getas yang merupakan keluarga kerajaan yang berkhianat terhadap Selaparang karena permasalahan dengan raja Selaparang.

 

Sejujurnya minim sekali yang dapat diketahui tentang sejarah Kerajaan Selaparang, terutama sekali tentang awal mula berdirinya. Namun, tentu saja terdapat beberapa sumber objektif yang cukup dapat dipercaya. Salah satunya adalah kisah yang tercatat di dalam daun Lontar yang menyebutkan bahwa berdirinya Kerajaan Selaparang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah masuknya atau proses penyebaran agama Islam di Pulau Lombok

Pariwisata
Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melanda Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang
 


-o0o-

 

 

 

 

 
 

Lombok Travel Online

LOMBOK TRAVEL ONLINE ( LTO Tours )
Jl. Raya Senggigi Km. 12  Desa Senggigi - Mataram -  Lombok

West Nusa Tenggara - Indonesia - Post Code 83355

Phone / Fax : +62(0)370-640380 - +62(0)693950

 HP/WA/SMS: +62(0)81.237.812.222 - +62(0)81998998777 (24 Hours Online)

Email: lomboktravelonline@gmail.com

Copyright 2007,  Hak cipta di lindungi Undang Undang | LTO Tours

 

ASITA